Analisis
SWOT Pada PT. Aqua Golden Mississipi
Strength :
- Brand Aqua
Danone sangat kuat
- Aqua Danone
sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
- Memasarkan
produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk
- Kemasan
Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
- Menggunakan
manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di
seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk
manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya
- Inovasi
terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif
dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk
alami dari tiap tetes Aqua
- Agen
penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat
mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua
Weakness :
- Kendali
pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor
- Margin
tipis
- Diperlukan
Modal Kerja yang cukup besar
- Ketika
musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
- Air mineral
Aqua masih menggunakan proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma negatif
pada masyarakat
Opportunity :
- Jenjang
menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
- Track
record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap
bisnis produk Danone Food (Biskuat dll)
- Mempunyai
peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal
- Sosialisasi
ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan
higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan
- Pemberian
bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa
Aqua juga perduli terhadap sesama
- Air PDAM
yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah
menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
- Aqua
mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional
Threat :
- Persaingan
harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah
lain (cross border)
- Tidak
dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar
aturan keagenan.
- Mulai
muncul produk-produk air mineral baru
- Sekarang
ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk
dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
- Adanya
kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk
pembuatan gallon
- Tidak
stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing
- Melemahnya
daya beli konsumen
- Adanya
penghapusan subsidi BBM bagi industri
- Biaya
pengiklanan yang tidak murah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar